Minggu, 25 Juli 2010

Mitos Seputar Kucing Hitam


Saat kalian melihat seekor kucing hitam, apa yang kalian pikirkan? kebanyakan orang pasti akan berpikir bahwa kucing hitam membawa kesialan. Setiap ada perayaan Halloween pasti banyak orang-orang yang menjual boneka kucing hitam. Kucing hitam selalu dikaitkan dengan hal-hal yang negatif seperti kesialan dan sihir hitam.

Mitos seputar kucing hitam bermula dari sejarah di jaman babylonia kuno tempo dulu. Setiap adanya suatu upacara ritual kucing hitam selalu dibakar sebagai tumbal atau sesaji. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur ditengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Kepercayaan ini terus berkembang hingga abad pertengahan. Di Jerman, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang sakit, maka orang sakit itu akan mati. Berbeda dengan kepercayaan orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalanan kalian melihat seekor kucing hitam yang sedang menyeberang di tengah bulan purnama, mereka percaya bahwa kalian akan terserang suatu epidemik.

Di Firlandia, ada kepercayaan bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Di China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.

di India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Ada satu legenda dari Bengali bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga. Masyarakat Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan.

Druids (kasta pendeta Keltik) pada masa Inggris kuno percaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya kemudian di hukum menjadi seekor kucing hitam. Para druidslah yang pertama kali menghubung-hubungkan kucing hitam dengan Halloween, hantu dan para penyihir.

Tetapi tidak selamanya kucing hitam selalu dikaitkan dengan kesialan. Berbeda dengan Inggris kuno, Inggris jaman sekarang dan Jepang mempercayai bahwa jika kucing hitam melewati jalan setapak dekat rumah, maka keberuntungan akan menimpa sang pemilik rumah.

Percaya sebagai pertanda baik atau buruk itu terserah anda.

Sumber: misterionline.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar